Senin, 13 Desember 2010

Resensi Buku: Menuju Masyarakat Sains


Judul                   : “Dasar-Dasar Sains” Menciptakan Masyarakat Sadar Sains
Penulis                : Dra. Surjani Wonorahardjo, Ph.D.
Penerbit              : Penerbit Indeks Jakarta
Terbit                  : I, 2010
Halaman              : ix + 222 halaman
Harga                  : Rp 55.000,00

                Sains mengalami perkembangan yang sangat pesat karena ikut terlibat dalam kemajuan teknologi. Kemajuan ini tidak lepas dari upaya turun-temurun pelaku sains, dimana dari tahun ke tahun masing-masing ilmuan telah berjasa mengembangkan sains dengan segala macam penelitian yang menghasilkan hipotesis, teori, hingga hukum yang berlaku secara universal. Berbagai metode ilmiah yang lahir dari kesadaran akan adanya masalah yang memicu proses berpikir baru untuk usaha pemecahannya serta prinsip-prinsip yang ada, memiliki andil yang cukup besar dalam menentukan perkembangan sains secara global.
                Buku yang ditulis oleh Dra. Surjani Wonorahardjo, Ph.D. ini sangat berkompeten dalam menyadarkan masyarakat khususnya mahasiswa dan pengajar akan sains yang dinamis. Penulis menyuguhkan semua hal tentang sains secara umum dan menyeluruh mulai dari asal usulnya, sumber dan faktor yang mendukung, sejarah perkembangannya, hingga prediksi sains di masa yang akan datang serta perannya dalam masyarakat. Jika membaca setiap kalimat di dalamnya secara runtut, pembaca akan mengenali sains lebih dalam lagi yang belum tentu bisa didapatkan dari buku lain. Pengalaman dari penulis yang dituangkan di buku ini dalam bentuk dokumentasi gambar akan mempunyai daya tarik tersendiri yang dapat membedakannya dengan yang lain. Sebut saja gambar sekelompok semut yang menarik kecoa di dinding tegak lurus (halaman 50). Penulis memberi contoh dari materi yang ada dengan apa yang diamatinya di alam.
                Satu dari sembilan bab yang cukup menarik adalah bab delapan mengenai sains di masa yang akan datang. Di sini, dibahas beberapa kemungkinan yang terjadi antara sains murni dan terapan, sains mikro dan makro, sains teoritis dan eksperimental, sains dengan teknologi beserta dampaknya, aspek estetika dari sains, serta paradigma holistik yang lahir sebagai dampak sains baru dan kompleksometrinya. Penulis mengungkapkan bahwa perkembangan sains akan selalu mengacu pada tujuan pragmatisnya, yaitu teknologi dan secara langsung memberi kemudahan dalam masyarakat modern dengan perkenalan istilah instan.
                Akan tetapi, penjelasan dan penggambaran materi atau suatu kondisi yang ditata sedemikian rupa dirasa belum cukup untuk memberikan daya tarik bagi pembaca yang cenderung malas membaca. Hal ini dikarenakan minimnya gambar pada tiap babnya. Penjelasan yang belum selesai juga mengganggu pembaca ketika asyik menikmati buku ini, salah satunya mengenai Fractal dalam Diagram Mandelbrot (halaman 171-172). Bahasa yang digunakan kurang bisa dipahami oleh orang awam sehingga buku ini hanya cocok untuk masyarakat berpendidikan tinggi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar