STATISTIK
Tugas Individu
Mata Kuliah Statistika Dasar
Oleh
Mar’atus Solihah 100331404541
OFFERING B
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
JURUSAN KIMIA
2011
Daftar Skor Tes
Membaca Cepat
Jurusan Kimia
Angkatan 2010
Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas
Negeri Malang
NO.
|
NIM
|
NAMA
|
OFFERING
|
SKOR
|
1
|
1110105111
|
GEMA
RIZALDI
|
A
|
642
|
2
|
1110203038
|
RIDWAN
PRATAMA
|
A
|
574
|
3
|
1110105122
|
PUTRI INDAH
LESTARI
|
A
|
816
|
4
|
1110105112
|
ANNISA
MIENDA
|
A
|
683
|
5
|
1110105123
|
RISMAWATI
LAILA Q
|
A
|
773
|
6
|
1110105120
|
MARTINI
SAFITRI
|
A
|
735
|
7
|
1110104079
|
LYSHIEN
STARLIN
|
A
|
785
|
8
|
1110106139
|
FAUZIAN
ICHSAN
|
A
|
792
|
9
|
9101300015
|
PUTU GEDE
OKA M
|
A
|
699
|
10
|
9101300014
|
CORNELIUS S
Y
|
A
|
598
|
11
|
1110105118
|
GILANG
RAMADHAN
|
A
|
467
|
12
|
9101300004
|
IKHA
RAMADHANI
|
A
|
550
|
13
|
1110105107
|
LYDIA
IGNACIA
|
A
|
676
|
14
|
1110105124
|
MUHAMMAD
ZULFIKAR
|
A
|
683
|
15
|
1110104098
|
HENDI S
PUTR
|
A
|
515
|
16
|
1110104080
|
YOHANNA
KARINA K
|
A
|
498
|
17
|
1110105103
|
FAUSTINE
DEVAGA
|
A
|
580
|
18
|
1110105121
|
ADINDA
YUSFIKA A
|
A
|
672
|
19
|
1110203011
|
ARIFAH
|
A
|
744
|
20
|
1110106138
|
ARINA DINA
HUSDA
|
A
|
606
|
21
|
1110104075
|
WILLY
KURNIAWAN
|
A
|
826
|
22
|
1110106148
|
KHANSA
AMBAR P
|
A
|
726
|
23
|
1110106146
|
SARAH
QURROTUN AINI
|
A
|
733
|
24
|
9101300008
|
SAGA
DERMAWAN DWI L
|
A
|
510
|
25
|
9101300013
|
AWWALINA
GHAIDA R
|
A
|
499
|
26
|
1110105119
|
AJENG
MARYAM S
|
B
|
471
|
27
|
1110105104
|
JOANNE
ANGELINA
|
B
|
755
|
28
|
1110104099
|
SYIFA
RACHMAN
|
B
|
698
|
29
|
9101300009
|
AYUDYA TRI
W
|
B
|
532
|
30
|
1110104086
|
ANDRE
YO*ATHAN
|
B
|
717
|
31
|
1110104081
|
IMACULATA
CIND Y
|
B
|
810
|
32
|
1110203039
|
NURULITA
AINUN ALMA
|
B
|
504
|
33
|
1110104078
|
CLINTON
GUNAWAN
|
B
|
667
|
34
|
1110106126
|
IPAH UMU
ABIBA
|
B
|
736
|
35
|
1110203045
|
LISARO
KRISNA SM
|
B
|
684
|
36
|
1110203018
|
RATIHANA N
I
|
B
|
627
|
37
|
9101300003
|
HERY
MULYADI
|
B
|
765
|
38
|
9101300012
|
ARINI
HIDAYAT A
|
B
|
668
|
39
|
1110104094
|
RIEKE
RAHMAWATI
|
B
|
785
|
40
|
1110203007
|
RINI
WIDAYANTI
|
B
|
549
|
41
|
9101300010
|
LULUS
DARWATI
|
B
|
699
|
42
|
1110106127
|
HANA ATHAYA
|
B
|
845
|
43
|
1110203051
|
DIAH
PERMANAASARI
|
B
|
897
|
44
|
1110203048
|
YUSUF
PRATAMA PUTRA
|
B
|
726
|
45
|
1110105109
|
GRACE VANIA
|
B
|
642
|
46
|
1110203049
|
NIDA DESRI
EFFENDHY
|
B
|
690
|
47
|
9101300011
|
BUDI
SETIANI
|
B
|
826
|
48
|
1110203034
|
AZMI
MUHAMMAD S A
|
B
|
592
|
49
|
1110203041
|
BASKORO A P
|
B
|
558
|
50
|
9101300007
|
FITRI ENDRO
PRABOWO
|
B
|
436
|
51
|
1110104076
|
PUTRI
GERMANA ASTRID
|
C
|
564
|
52
|
1110106125
|
PUTRI NUR ANNISA
|
C
|
803
|
53
|
1110106132
|
ALFI TAUFIK
F
|
C
|
615
|
54
|
1110203035
|
DENNIS ISMU
DEWA
|
C
|
679
|
55
|
1110105115
|
FARRELL Y
|
C
|
713
|
56
|
1110106137
|
ASRI
ADHIYAN
|
C
|
588
|
57
|
1110203046
|
LAILI
SULISTY RINI
|
C
|
457
|
58
|
1110203036
|
AYU KURNIA
P
|
C
|
648
|
59
|
1110105110
|
ANDRI
FERDIAN
|
C
|
648
|
60
|
1110203025
|
LIDYA
WULANDARI
|
C
|
542
|
61
|
1110203016
|
MIFTAHUDIN
|
C
|
544
|
62
|
9101300005
|
IKA SRI S
|
C
|
633
|
63
|
9101300006
|
DESI
RAHMASARI
|
C
|
537
|
64
|
1110104097
|
ADITYA
NUGRAHA N
|
C
|
698
|
65
|
1110203050
|
SAMSUDIN
HAFID
|
C
|
432
|
66
|
1110104084
|
JOANNA DIAN
O
|
C
|
719
|
67
|
1110118400
|
UMMU
ROKHIMA
|
C
|
616
|
68
|
1110104096
|
SWASTIKA
UTAMA
|
C
|
508
|
69
|
1110106140
|
MAYA AFIFAH
PERMANA
|
C
|
565
|
70
|
1110119424
|
NOUR M
ADRIANI
|
C
|
685
|
71
|
1110104087
|
AFINA
KHOIRUNNISA
|
C
|
811
|
72
|
9101300001
|
BRILLIANT
WINONA J
|
C
|
668
|
73
|
1110203012
|
MELIANA DWI
PUTRI
|
C
|
714
|
74
|
1110203006
|
PRIYO
PURNOMO
|
C
|
722
|
75
|
1110104082
|
RAYNALD
FREDERICK
|
C
|
521
|
76
|
1110203044
|
MUHAMMAD NU
MAN
|
D
|
784
|
77
|
1110203043
|
KHOIRUN
NAWA
|
D
|
857
|
78
|
1110203040
|
MACHO
MARCELLO
|
D
|
802
|
79
|
1110105114
|
RATRI
IRAWANTI
|
D
|
899
|
80
|
1110104093
|
REGY RIZKI
G
|
D
|
965
|
81
|
1110105108
|
ALEX
|
D
|
726
|
82
|
1110203042
|
LAYUNG
SEKAR S W
|
D
|
546
|
83
|
1110203047
|
MAGHISYA
TRI OKTANNI
|
D
|
684
|
84
|
1110104095
|
RINI
PURNAMASARI H
|
D
|
789
|
85
|
1110105101
|
RACHMAWATI
|
D
|
986
|
86
|
1110118389
|
GINANJAR
KURNIA H
|
D
|
581
|
87
|
1110106130
|
EKA
HIDAYANTI
|
D
|
800
|
88
|
1110105100
|
RURIN F
|
D
|
475
|
89
|
1110119425
|
HILMI DHIYA
UL HAQ
|
D
|
745
|
90
|
1110203015
|
HAMIMI
HIDAYATI
|
D
|
742
|
91
|
1110203005
|
YORA
|
D
|
757
|
92
|
1110105117
|
HUMAM FAIQ
|
D
|
921
|
93
|
1110106134
|
MAREETHA
ZAHRA S
|
D
|
762
|
94
|
1110203024
|
MUHAMMAD
RAFI
|
D
|
559
|
95
|
1110203022
|
DEA NUR ARIFAH
|
D
|
574
|
96
|
1110203008
|
NUR INAYAH
RATNASAR
|
D
|
462
|
97
|
1110105115
|
FEBI
DAMAYANTI
|
D
|
477
|
98
|
1110118390
|
SENDI
WIJAYA
|
D
|
456
|
99
|
1110119421
|
GAMA
NATAKUSUMAWATI
|
D
|
668
|
100
|
1110203017
|
MEGA K D
|
D
|
498
|
Penyusunan
Tabel Distribusi
432
|
498
|
544
|
580
|
642
|
679
|
699
|
735
|
784
|
816
|
436
|
499
|
546
|
581
|
642
|
683
|
713
|
736
|
785
|
826
|
456
|
504
|
549
|
588
|
648
|
683
|
714
|
742
|
785
|
826
|
457
|
508
|
550
|
592
|
648
|
684
|
717
|
744
|
789
|
845
|
462
|
510
|
558
|
598
|
667
|
684
|
719
|
745
|
792
|
857
|
467
|
515
|
559
|
606
|
668
|
685
|
722
|
755
|
800
|
897
|
471
|
521
|
564
|
615
|
668
|
690
|
726
|
757
|
802
|
899
|
475
|
532
|
565
|
616
|
668
|
698
|
726
|
762
|
803
|
921
|
477
|
537
|
574
|
627
|
672
|
698
|
726
|
765
|
810
|
965
|
498
|
542
|
574
|
633
|
676
|
699
|
733
|
773
|
811
|
986
|
A. Menghitung Jumlah Kelas Interval
K= 1 + 3,3 log n = 1 + 3,3 log 150 = 1 + 3,3 . 2 = 7,6
Jadi jumlah kelas interval 7 atau 8. Pada kesempatan ini menggunakan 8
kelas.
B. Menghitung Rentang Data
Yaitu data
terbesar dikurangi data terkecil kemudian ditambah 1. Data terbesar = 986, data
terkecil = 432
Jadi,
rentang data = (986 – 432) + 1 = 554
C. Menghitung Panjang Kelas
Yaitu rentang data dibagi jumlah kelas. Yakni 554 : 8 = 69,25. Meskipun
dari hitungan panjang kelas diperoleh 69,25, tetapi pada penyusunan tabel ini
digunakan panjang kelas 70 agar lebih
komunikatif dari pada dengan menggunakan panjang kelas 69,25.
D.
Menyusun Interval
Kelas
Secara
teoritis penyusunan kelas interval dimulai dari data yang terkecil, yaitu 432.
Akan tetapi, agar lebih komunikatif, maka dimulai dengan angka 430, sehingga
tabel berikut:
TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI DENGAN
TALLY
No Kelas
|
Kelas Interval
|
Tally
|
Frekuensi (f)
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
430-499
500-569
570-639
640-709
710-779
780-849
850-919
920-990
|
|||
|||
|
12
16
12
21
19
14
3
3
|
Jumlah :
|
100
|
TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI
No.
|
Kelas Interval
|
Frekuensi (f)
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
430-499
500-569
570-639
640-709
710-779
780-849
850-919
920-990
|
12
16
12
21
19
14
3
3
|
Jumlah
|
100
|
E.
TABEL
DISTRIBUSI FREKUENSI KUMULATIF
Merupakan pengembangan tabel distribusi frekuensi
yang menunjukkan jumlah observasi yang menyatakan kurang dari nilai tertentu.
Untuk memulai pernyataan “kurang dari” digunakan batas bawah kelas interval ke
2.
TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI
KUMULATIF
Kurang Dari
|
Frekuensi (f)
|
Frekuensi Kumulatif (fk)
|
500
570
640
710
780
850
920
990
|
12
16
12
21
19
14
3
3
|
12
28
40
61
80
94
97
100
|
F.
TABEL
DISTRIBUSI FREKUENSI RELATIF
Merupakan
penyajian data yang merubah frekuensi menjadi persen.
TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI RELATIF
No Kelas
|
Kelas Interval
|
Frekuensi (f)
|
Frekuensi Relatif (%)
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
430-499
500-569
570-639
640-709
710-779
780-849
850-919
920-990
|
12
16
12
21
19
14
3
3
|
12
16
12
21
19
14
3
3
|
Jumlah :
|
100
|
G.
TABEL
DISTRIBUSI FREKUENSI KUMULATIF RELATIF
TABEL DISTRIBUSI FREKUENSI
KUMULATIF
Kurang Dari
|
Frekuensi Kumulatif Relatif(%)
|
500
570
640
710
780
850
920
990
|
12
28
40
61
80
94
97
100
|
H. GRAFIK
I.
PENGUKURAN
GEJALA PUSAT (CENTRAL TENDENCY)
1.
Modus
(mode)
Modus merupakan teknik penjelasan kelompok yang
didasarkan atas nilai yang sedang populer(yang sedang menjadi mode) atau nilai
yang sering muncul dari kelompok tersebut.
Mo= Modus
b = Batas kelas interval
dengan frekuensi terbanyak
p = Panjang kelas
interval
b1 = frekuensi
kelas modus – frekuensi kelas sebelumnya
b2 = frekuensi
kelas modus – frekuensi kelas sesudahnya
No.
|
Kelas Interval
|
Frekuensi (f)
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
430-499
500-569
570-639
640-709
710-779
780-849
850-919
920-990
|
12
16
12
21
19
14
3
3
|
Jumlah :
|
100
|
Dari data tersebut, maka dapat ditemukan:
a. Kelas
modus = kelas ke-4 (f = 21)
b. b = 640 – 0,5 = 639,5
c. b1
= 21 – 12 = 9
d. b2
= 21 – 19 = 2
e. panjang
kelas interval = 70
2.
Median
Median adalah salah satu teknik penjelasan kelompok
yang berdasarkan nilai tengah dari data kelompok yang disusun urutannya dari
terkesil ke yang terbesar atau sebaliknya.
Untuk menghitung median sata kelompok atau bergolong
digunakan rumus berikut:
Dimana :
Md
= median
b =
batas bawah dimana median akan terletak
n =
banyak data/ jumlah sampel
p = panjang kelas interval
F = jumlah frekuensi sebelum kelas median
fk
= frekuensi kumulatif
No Kelas
|
Kelas Interval
|
Frekuensi (f)
|
Frekuensi Kumulatif (fk)
|
1
2
3
4
5
6
7
8
|
430-499
500-569
570-639
640-709
710-779
780-849
850-919
920-990
|
12
16
12
21
19
14
3
3
|
12
28
40
61
80
94
97
100
|
Dari data di atas, jumlah sampel 100,
maka median terletak pada kelas ke-4, sehingga:
b = 640 – 0,5 = 639,5 n = 100
p =
70 F = 40
fk = 61
Jadi, mediannya adalah:
3.
Mean
Merupakan teknik penjelasan data kelompok dengan
berdasarkan nilai rata-rata kelompok tersebut.
Pada data bergolong untuk lebih memudahkan maka data
disusun sebagai berikut:
Interval
|
Xi
|
fi
|
fiXi
|
430-499
500-569
570-639
640-709
710-779
780-849
850-919
920-990
|
465
535
605
675
745
815
885
955
|
12
16
12
21
19
14
3
3
|
5580
8560
7260
14175
14155
11410
2655
2865
|
Jumlah
|
100
|
66660
|
Rumus untuk menghitung mean data bergolong adalah:
Dimana :
Me = mean
data bergolong
∑ fi =
jumlah sampel
fiXi = perkalian antara frekuansi tiap interval
dengan tanda kelas (Xi). Dengan tanda kelas merupakan rata-rata
nilai tertinggi dan terindah di setiap interval data.
Jadi, mean dari
data tersebut adalah:
J.
PENGUKURAN
VARIASI KELOMPOK
1.
Rentang
Data
Rentang data dapat diketahui dengan jalan mengurangi
data terbesar dengan data terkecil yang ada pada kelompok itu. Rumusnya:
Dimana:
R =
rentang
Xt =
data terbesar dalam kelompok
Xr =
data terkecil dalam kelompok
Dari
data tebel nilai try out OSN 2010 bidang studi Kimia, data terkecilnya adalah 0
dan data terbesarnya 84, maka rentangnya adalah 986 – 432 = 554
2.
Varians
Varians (s2)
merupakan jumlah kuadrat semua deviasi nilai-nilai individual terhadap
rata-rata kelompok. Akar varians disebut standar
deviasi atau simpangan baku (s). Varians dapat dirumuskan:
Sedangkan standar deviasinya :
Kedua rumus tersebut digunakan untuk data populasi.
Sedangkan untuk data sampel rumusnya tidak hanya dibagi n melainkan dibagi
n-1(derajat kebebasan).
Dimana:
s2=
varians populasi
s
= simpangan baku populasi
s2 = varians sampel
s = simpangan baku sampel
n = jumlah sampel
3.
Varians
dan Standar Deviasi Data Bergolong
Sedangkan untuk menghitung varians dan standar deviasi data bergolong dapat digunakan rumus:
Untuk menghitung varians dan standar deviasi skor tes membaca
cepat jurusan kimia angkatan 2010, dapat digunakan tabel penolong sebagai
berikut:
Interval
|
Xi
|
fi
|
xi – x
(x=664,06)
|
(xi
– x)2
|
fi
(xi – x)2
|
430-499
500-569
570-639
640-709
710-779
780-849
850-919
920-990
|
465
535
605
675
745
815
885
955
|
12
16
12
21
19
14
3
3
|
-199,06
-129,06
-59,06
10,94
80,94
150,94
220,94
290,94
|
39624,88
16656,48
3488,08
119,68
6551,28
22782,88
48814,48
84646,08
|
475498,6
266503,7
41856,96
2513,28
124474,3
318960,3
146443,4
253938,2
|
Jumlah
|
100
|
-
|
-
|
1630189
|
Berdasarkan rumus maka variansnya
adalah:
Sedangkan standar deviasinya adalah:
K. PENGUJIAN NORMALITAS
Pengujian normalitas data menggunakan
Chi Kuadrat
dengan cara membandingkan kurva normal yang
terbentukdari data yang telah terkumpul (B) dengan kurva normal baku/standar
(A)
1.
Menentukan jumlah kelas interval.
Untuk pengujian normalitas dengan Chi kuadrat ini, jumlah kelas interval
ditetapkan = 6. Hal ini sesuai dengan 6 bidang yang ada pada kurva normal baku.
2.
Menentukan panjang kelas interval
3.
Menyusun ke dalam tabel distribusi frekuensi, sekaligus tabel penolong
untuk menghitung harga Chi Kuadrat Hitung.
Interval
|
f0
|
fh
|
f0-
fh
|
(f0-
fh)2
|
(f0-
fh)2/ fh
|
428-520
|
16
|
3
|
13
|
169
|
42,25
|
521-613
|
20
|
13
|
7
|
49
|
3,77
|
614-706
|
25
|
34
|
-9
|
81
|
2,38
|
707-779
|
19
|
34
|
-15
|
225
|
6,62
|
780-892
|
15
|
13
|
2
|
4
|
0,3
|
893-986
|
5
|
3
|
2
|
4
|
1,3
|
Jumlah
|
100
|
100
|
0
|
-
|
56,62
|
Dalam perhitungan ditemukan Chi Kuadrat Hitung = 56,62. Selanjutnya harga
ini dibandingkan dengan Harga Chi Kuadrat Tabel dengan dk (derajat kebebasan)
6-1=5. Berdasarkan Tabel Chi Kuadrat yang ada, dapat diketahui bahwa bila dk =
5 dan kesalahan yang ditetapkan = 1% maka harga Chi Kuadrat tabel = 15,086. Karena
harga Chi Kuadrat Hitung (56,62) jauh lebih besar dari harga Chi Kuadrat Tabel
(15,086), maka distribusi data skor statistik 100 mahasiswa kimia angkatan 2010
dalam tes membaca cepat tersebut belum dinyatakan berdistribusi normal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar