Karakteristik Para Ilmuan
1.
Kuhn : dalam menyikapi
permasalahan sangatlah meluas dengan mencakup semua pertanyaan tapi
tergesa-gesa dalam bertindak (tidak sabaran).
2.
Popper : respon terhadap
suatu masalah yang tidak sesuai dengan teori atau fakta yaitu menelusuri
penyebab ketidakvalidan masalah tersebut secara kritis.
3.
Bacon : jika ditemukan
suatu masalah yang tidak sesuai dengan teori atau fakta yang ada, maka masalah
tersebut dinyatakan salah dan tidak berlaku lagi serta segera digantikan dengan
hasil pengoreksian masalah tersebut.
Jawaban atas Pertanyaan Bab 5
1.
Bagaimana perkembangan ilmu
pengetahuan terjadi di zaman modern ini? Berikan beberapa contoh untuk
mendukung jawaban Anda?
Perkembangan
ilmu pengetahuan saat ini begitu pesat. Banyak penemuan-penemuan baru yang
berkaitan dengan ilmu tersebut, terutama ilmu pengetahuan alam. Masyarakat
merasa terbantu atas pesatnya kemajuan ini dan membuat hidup jadi lebih mudah.
Contohnya adalah flashdisc, yang dapat menyimpan memori dengan kapasitas cukup
besar dan saat ini mencapai 14 GB. Alat ini berukuran kecil sehingga
mempermudah konsumen membawanya kemana-mana. Contoh lain adalah 3G pada
handphone, layanan panggil yang tidak hanya suara saja yang terdengar, tapi
melalui fitur ini kita dapat berkomunikasi jarak jauh dengan melihat dan
berbicara dengan siapapun yang kita inginkan.
2.
Mengapa kajian suatu ilmu
saat ini sangat spesifik dan tidak dimengerti oleh cabang ilmu lain?
Karena
seiring pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan peminatnya juga sangat
antusias, maka muncullah klasifikasi (cabang) ilmu baru. Masing-masing dari
cabang tersebut akan menghasilkan cabang lagi dan seterusnya. Satu cabang
dengan cabang yang lainnya akan bergerak sendiri memperdalam ruang lingkupnya
yang seakan-akan memisah dari induknya maupun cabang dari induknya dan membahas
permasalahan baru menurut sudut pandang tertentu. Hasilnya adalah ilmu dengan
kajian sangat spesifik yang seolah-olah mengunci diri dalam lapangannya sendiri
dan dari cabang ilmu lain.
3.
Bagaimana intisari perkembangan
sains yang digambarkan oleh Francis Bacon, Popper, dan Kuhn? Jelaskan.
Francis
Bacon:
Popper:
kemajuan ilmu pengetahuan alam mempunyai “logika” tersendiri, karena tidak ada
penemuan besar yang terjadi tiba-tiba tanpa melalui tahapa-tahapan (evolusi)
panjang.
Kuhn:
kemajuan ilmiah dapat dilukiskan ke dalam skema terbuka sebagai berikut;
pra-sains – sains normal – revolusi krisis – sains normal baru – krisis baru.
4.
Apa yang dikaji oleh Lingkaran
Wina, Karl Popper, Kuhn, Lakatos, Feyerabend, Bachelard dalam penelitian mereka
mengenai perkembangan ilmu pengetahuan alam?
Lingkaran
Wina: metode verifikasi
Karl
Popper: prinsip falsifikasi
Kuhn:
paradigma dalam kegiatan penelitian
Lakatos:
program penelitian yang disebut heruistic
Feyerabend:
kreatifitas individual
Bachelard:
sejarah atau proses pengetahuan
5.
Apakah perbedaan utama
antara pendapat Popper dan Kuhn mengenai perkembangan ilmu pengetahuan alam?
Perbedaan
pendapat terletak pada konsep. Jika Popper berpendapat bahwa untuk membuktikan
kebenaran teori, maka dibutuhkan metode induksi dan prinsip falsifikasi, dengan
menyalahkan yang sudah ada sebelumnya dan menyebabkan keharusan dicarinya
alternatif yang lebih benar daripada yang sudah ada tersebut. Berbeda dengan
Kuhn, menurutnya perubahan mendalam dalam sejarah ilmu justru justru lahir dari
revolusi ilmiah, bukan berdasarkan upaya empiris yang membuktikan salah satu
teori atau sistem dan upaya falsifikasi untuk tujuan penyempurnaannya, karena
dua upaya tersebut dalam sains yang berkembang tidak memberikan bukti yang
berarti dalam sejarah. Konsep sentral Kuhn adalah apa yang disebut paradigma,
yaitu pengumpulan pengamatan secara random dalam kerangka topik dengan
metodologi sebagai kunci utama dalam perubahan revolusioner.
6.
Apa fungsi jurnal ilmiah dalam
perkembangan ilmu itu sendiri?
Jurnal
ilmiah berfungsi sebagai referensi untuk menghasilkan penemuan baru yang bisa
jadi merupakan penemuan untuk ilmu yang berbeda dari referensinya tapi
menunjang ilmu tersebut dan hal ini berandil besar terhadap perkembangan ilmu
itu sendiri.
7.
Buatlah bagan atau skema
dalam bentuk peta pikiran yang memuat pendapat para ahli perkembangan sains
dari waktu ke waktu, beserta pendapatnya.
LINGKARAN
WINA: “pengetahuan bersumber utama pada pengalaman walaupun dibantu dalil logika
dan matematika yang tidak didapat dari pengalaman yang membantu mendiskripsikan
dan memberi makna pengalaman tadi serta memberi pernyataan mengenai data tadi.”
– POPPER: “kemajuan ilmu pengetahuan alam yang mempunyai ‘logika’ tersendiri,
karena tidak ada penemuan besar terjadi tiba-tiba tanpa melalui tahapan-tahapan
(evolusi) panjang yang tidak lepas dari eksperimen empiris dan juga metode
induksi serta prinsip falsifikasi.” – KUHN: “perubahan mendalam dalam sejarah
ilmu justru lahir dari revolusi ilmiah, bukan berdasarkan upaya empiris yang
membuktikan salah satu teori atau sistem dan upaya falsifikasi untuk tujuan
penyempurnaannya, tapi dengan konsep paradigma.” – LAKATOS: “ilmu pengetahuan
dan teori merupakan struktur ilmiah yang terbentuk dalam sejarah yang saling
berhubungan secara kontinyu dan membentuk program penelitian yang disebut
heuristic serta hard core sebagai
intinya.” – FEYERABEND: “kreatifitas individual merupakan kunci penentu
suksesnya suatu karya ilmiah dengan mengabaikan metode apapun dan tidak ada
batasan ketat dalam kegiatan keilmuan yang disebut pendekatan anarkhistik.” – BACHELARD:
“ilmu pengetahuan sebagai satu mata rantai proses pengembangan pengetahuan
manusia mengenai alam dengan mengutamakan pentingnya sejarah”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar