Sabtu, 13 November 2010

Mata Kuliah Dasar-Dasar Sains: KEKELIRUAN


KEKELIRUAN

Faktor Penyebab

1.       Sikap ilmuan
a.       Terburu-buru: sikap terburu-buru dalam tahap penelitian dapat berdampak fatal karena kesimpulan yang ditarik menjadi salah. Contohnya saja, karena seorang praktikan mempunyai sifat tidak sabaran, maka pengamatan laju reaksi yang seharusnya dilakukan hingga zat yang direaksikan habis, tidak ditunggu hingga zat tersebut benar-benar menjadi homogen dengan pelarutnya. Sehingga waktu yang dicatat oleh praktikan ini dapat menyebabkan kesimpulan praktikum tidak sesuai dengan teori dan fakta.
b.      Kurang teliti: kurang teliti adalah hal yang umum dalam melakukan suatu penelitian, tapi hal ini berakibat pada kesimpulan yang akan diperoleh nantinya. Misalnya saja dalam suatu praktikum, dibutuhkan HCl 0,5 M. Tapi karena kurang teliti melihat label botol zat kimia tersebut, bisa saja yang diambil adalah HCl 0,05 M. Dan hasil yang akan didapat akan sangat berpengaruh buruk dalam penarikan kesimpulan.

2.       Kegagalan menjalankan sarana pengembang pengetahuan
Kegagalan ini dimungkinkan karena kurangnya konsep yang dimiliki terhadap sarana pengembang pengetahuan tersebut. Misalnya saja dalam perhitungan penentuan perubahan entalpi pada amoniak, tetapi karena terlalu sering menghitung perubahan entalpi pada air, dan kata “air” diabaikan sehingga beranggapan pada semua perhitungan menggunakan kalor jenis milik air (c= 4,18), maka hasil yang dicapai pada amoniak akan jauh berbeda dengan hasil yang sebenarnya.

3.       Kesalahan
a.      Penggunaan bahasa
Penggunaan bahasa yang salah dengan pemilihan kata (diksi) yang kurang tepat menyebabkan kesesatan yang cukup berdampak negatif terhadap penerimanya. Sebagai contoh, seorang dosen yang memberikan mata kuliah dengan cara menerangkan, tetapi kurang bisa memilih kata-kata yang sesuai dengan ilmu yang disampaikan, akan memberikan pengertian ganda pada setiap mahasiswa atau bahkan tidak mengerti sama sekali terhadap apa yang dijelaskan oleh dosennya tersebut.
b.      Penggunaan logika
Logika adalah ilmu matematika yang dapat diaplikasikan ke berbagai ilmu lain terutama dalam berhipotesis dan menarik kesimpulan. Tanpa logika, hasil dari suatu praktikum akan kacau.

4.       Keliru
a.      memilih metodologi yang tepat
Kekeliruan dalam pemillihan metodologi dapat mengakibatkan kesalahan dalam pengambilan tindakan dan hasil yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.
b.      karena ada dua peristiwa dalam waktu yang bersamaan
Terjadianya dua peristiwa yang bersamaan menyebabkan pengamat tidak fokus dan tergesa-gesa dalam pengambilan kesimpulan.

5.       Kompleksnya hasil yang diamati
Jika obyek yang diamati menghasilkan banyak kesimpulan, maka dapat dimungkinkan ada salah satu dari kesimpulan yang salah.

6.       Relevansi yang diabaikan
Jika metode-metode lama tidak lagi digunakan sebagai pembanding metode yang baru, maka belum tentu metode baru tersebut menghasilkan suatu kesimpulan yang benar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar